Minggu, 05 Februari 2017

Inilah Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil

Info Ibu Hamil – Saat ini banyak sekali berbagai macam berita menyebar bahwa sejumlah makanan diidentifikasi tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam hal ini kita diharuskan cermat dalam memilih mana makanan yang wajib dikonsumsi dan mana makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Hal yang sering terjadi pada ibu hamil ialah larangan makan ini itu karena alasan adat yang bertentangan. Sebagai contoh, ada orang yang jawa beranggapan kalau ibu hamil tidak dibolehkan mengonsumsi tape berlebihan. Ternyata hal itu sama dengan tanggapan para medis. Namun, mitos terkadang tidak ada hubungannya dengan ilmu medis.

Sehingga, sebaiknya kita tidak terlalu percaya pada mitos karena belum ada penelitihan tentang pembuktian pada mitos-mitos yang sering beredar dikalangan masyarakat. Berbeda dengan ilmu medis, karena ilmu medis telah memberikan bukti nyata dengan penelitian. Daripada penasaran, langsung saja yuk simak informasi tentang makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil:

Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil
ilustrasi gambar "makanan yang dilarang dikonsumsi bumil" via pixabay.com

Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil


Tape 


Siapa yang tidak mengenal tape? Makanan hasil fermentasi dari singkong ini ternyata merupakan makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Karena tape mengandung alkohol yang sangat tinggi. Sehingga dapat membuat orang yang memakannya akan merasa panas pada perut. Perut yang panas pada ibu hamil dapat mengakibatkan keguguran, jadi sebaiknya jangan dikonsumsi bagi ibu hamil.

Sushi


Makanan khas Jepang ini terbuat dari makanan mentah. Untuk ibu hamil tidak anjurkan untuk memakan shusi, karena dapat mengakibatkan pembengkakan cairan saraf pada kepala janin. Hal ini disebabkan karena pada makanan shusi terdapat berbagai macam bakteri yang berbahaya bagi perkembangan janin. Contohnya bakteri salmonella yang dapat menyebabkan kram pada perut serta diare. Selain itu, terdapat bakteri toksoplasmosis yang dapat menyebabkan bagian kepala janin terkena penyakit tokso.

Sayur Nangka Muda


Ternyata sayur nangka muda memiliki banyak getah, jadi jangan sampai dikonsumsi oleh inu hamil. Sehingga jika ibu hamil mengonsumsi sayur nangka muda dapat mengakibatkan gatal-gatal pada perut sang ibu. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur nangka saat hamil dapat menyebabkan plasenta pada janin menjadi lengket.

Nah itulah tadi informasi lengkap mengenai jenis makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil. Melihat beberapa makanan di atas sangat wajib untuk dihindari, ada baiknya jangan mencobanya ya bunda! Selain itu, untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, ada baiknya bunda mengkonsumsi makanan paling bergizi untuk ibu hamil :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon