Senin, 10 April 2017

5 Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Musik klasik untuk ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan memang sangat bermanfaat. Mendengarkan musik ini dengan rutin setiap hari bisa membantu meningkatkan perkembangan janin terutama perkembangan otaknya. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa musik-musik klasik bisa bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Tidak hanya itu saja, musik ini juga bisa membantu menenangkan dan memberikan kenyamanan bagi wanita yang sedang hamil. Namun sayangnya, banyak wanita khususnya para ibu hamil yang tidak mengetahuinya.

ilustrasi gambar via pixabay.com

Manfaat musik klasik bagi perkembangan janin pada ibu yang sedang hamil


Untuk memberikan pengetahuan pada ibu hamil, berikut ini penjelasan manfaat musik klasik untuk ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

1. Membantu janin lebih aktif
Manfaat pertama musik klasik untuk bayi dalam kandungan adalah bisa membantu janin lebih aktif. Alunan musik klasik yang diperdengarkan pada janin bisa membantu gerak janin dalam kandungan semakin aktif. Irama musik klasik ini sama dengan detak jantung sang ibu jadi bisa merangsang saraf motorik janin. Tidak hanya ketika di dalam kandungan saja, tapi juga setelah lahir biasanya bayi akan lebih aktif.

2. Janin akan belajar sejak dini
Musik klasik untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat untuk membantu janin belajar sejak dalam kandungan. Selama mendengarkan musik, saraf pada otak janin akan terangsang dan akan lebih sensitif. Penelitian menunjukkan janin yang diperdengarkan musik klasik secara rutin, setelah lahir dan tumbuh dewasa maka sang anak tersebut akan lebih cepat mengingat dan juga lebih cerdas.

3. Mengurangi stres ibu hamil
Manfaat musik klasik untuk bayi dalam kandungan juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Selama masa kehamilan tentu saja hormon akan semakin meningkat dan ibu akan mudah stres. Dengan rutin mendengarkan musik-musik klasik ibu akan lebih tenang dan juga bisa mengurangi stres yang berlebihan pada ibu.

4. Belajar menikmati melodi dan musik
Musik klasik untuk ibu hamil yang didengarkan setiap hari juga bisa membantu bayi dalam kandungan belajar melodi dan musik sejak dini. Dengan instrumen yang berbeda-beda setiap harinya, bayi dalam kandungan akan mempelajari setiap melodinya dan akan teringat hingga bayi lahir dan tumbuh dewasa.

5. Membantu komunikasi janin lebih baik
Bayi yang ketika masih di dalam kandungan sering didengarkan lagu klasik biasanya memiliki tingkat komunikasi yang jauh lebih baik dibandingkan bayi yang tidak didengarkan musik klasik. Selain komunikasi setelah lahir, selama dalam kandungan bayi juga akan bisa berkomunikasi dengan baik dengan ibunya.

Untuk mendapatkan manfaat musik klasik untuk ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan, sebaiknya ibu hamil melakukannya dengan rutin setiap hari. Luangkan waktu 15 sampai 30 menit untuk bersantai dan mendengarkan musik klasik. Ibu bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan musik ini. Headphone ini bisa diletakkan di dekat perut ibu hamil. Namun perlu diingat walaupun musiknya klasik dan menenangkan, tetap atur volume dari musik tersebut. Ibu juga bisa menambahkan aroma relaksasi di ruangan tempat mendengarkan musik tersebut. Aroma ini juga bisa membantu menenangkan dan menstabilkan emosi ibu hamil.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon