Selasa, 11 April 2017

Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut?

Saat hamil ada banyak sekali mitos yang beredar mengenai hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Namun tidak semua mitos tersebut tentu sesuai dengan dunia kesehatan. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah tidak boleh potong rambut saat hamil. Kabarnya jika ibu hamil memotong rambutnya saat hamil maka akan susah saat melahirkan. Bagaimana sebenarnya mitos ini apakah benar atau tidak jika kita lihat dari dunia kesehatan? Berikut kami berikan ulasannya untuk anda.

ilustrasi gambar via pixabay.com

Pandangan medis potong rambut saat hamil


Mitos yang beredar dalam masyarakat kadangkala memang tidak hanya sekedar untuk menakut-nakuti. Namun mitos yang beredar di masyarakat terkadang juga memiliki nilai kearifan tersendiri. Salah satu mitos yang paling populer adalah tidak boleh memotong rambut saat hamil. Nah bagaimana pandangan mitos ini sebenarnya dalam dunia medis. Sejauh ini belum ada penelitian yang membahas mengenai dampak memotong rambut bagi kehamilan. Namun yang sangat disarankan adalah tidak menggunakan bahan bahan kimia selama kehamilan. Oleh karena itu, jika hanya memotong rambut tentu saja dibolehkan. Yang tidak dibolehkan adalah jika menggunakan bahan-bahan kimia untuk rambut yang dikhawatirkan mempengaruhi kondisi janin.

Perawatan rambut saat hamil

Ibu hamil tentunya juga perlu menjaga kesehatan saat hamil. Selain itu keindahan dan kebersihan tubuh juga harus tetap di jaga. Jika memang rambut ibu hamil telah panjang dan mengganggu, maka potong rambut saat hamil tentu tidak akan bermasalah. Bagaimanapun juga saat hamil sang ibu tetap harus memperhatikan penampilan bukan?. Namun yang perlu diperhatikan adalah saat hamil tentunya perawatan rambut ibu hamil yang di berikan akan berbeda ketika dia tidak hamil. Berikut adalah beberapa perawatan yang di bolehkan dilakukan saat hamil.

Pertama, creambath. Bolehkah ibu hamil creambath? Jawabannya adalah boleh saja. Namun, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan jika ibu hamil menginginkan creambath di salon. Gunakan bahan-bahan alami untuk creambath. Selain itu waspadai atau cermati bahan yang di gunakan salon tersebut untuk creambath. Creambath diperbolehkan untuk ibu hamil karena bisa sebagai salah satu cara untuk melakukan relaksasi tubuh. Oleh karenanya, jika ibu hamil kelelahan dan menginginkan creambath disalon untuk dipijat kepalanya maka hal itu tidak masalah.

Kedua, menggunakan shampo yang aman untuk kesehatan. Hati hati dengan shampo yang komposisi atau aromanya terlalu sensitif untuk ibu hamil. Karena hal ini sebenarnya yang dilarang. Jika bahan-bahan kimia tersebut memiliki aroma atau bahan yang membuat ibu hamil menjadi alergi atau sensitif. Ibu hamil tetap bisa menggunakan shampo atau keramas asalkan menggunakan shampo yang benar-benar mengandung bahan alami atau tidak keras untuk kulit kepala.

Perawatan rambut yang tidak boleh dilakukan ibu hamil

Setelah mengetahui apa saja yang boleh dilakukan ibu hamil untuk perawatan rambut. Kini saatnya kita membahas apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil dalam perawatan rambut. Pertama, hindari menggunakan bahan bahan yang beraroma kuat. Apalagi jika ibu hamil masih dalam trimester pertama. Biasanya ibu hamil sangat sensitif terhadap benda-benda yang beraroma kuat. Hal ini bisa saja membuat ibu hamil menjadi mual. Oleh karena itu sebaiknya menghindari menggunakan bahan-bahan tersebut. Kedua, sangat tidak disarankan untuk menggunakan pewarna rambut. Jika potong rambut saat hamil dibolehkan, namun untuk pewarnaan tidak dibolehkan. Hal ini dilakukan agar ibu hamil lebih berhati-hati. Bisa saja kandungan bahan kimia yang ada dalam pewarna rambut mempengaruhi kondisi janin. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan pewarnaan rambut saat hamil.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon