Minggu, 02 April 2017

Cara Mengatasi Gatal Pada Bekas Caesar

Selama ini yang menjadi PR banyak para bunda adalah cara mengatasi gatal bekas caesar. Pasalnya wanita yang menjalani proses kelahiran dengan caesar ini banyak mengalami keluhan, seperti gatal dan rasa nyeri akibat robeknya organ tubuh. Bila organ tersebut tidak dirawat dengan baik dan stepat akan terinfeksi dan bisa membahayakan kesehatan. Masalah ini harus dicegah jangan sampai terjadi. Namun, bila sudah terlanjur harus bagaimana lagi. Lalu, bagaimana cara mengatasi gatal pada bekas caesar? Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

3 Cara Mengatasi Gatal Pada Bekas Caesar

3 Cara Mengatasi Gatal Pada Bekas Caesar
ilustrasi gambar via pixabay.com

Hindari menggaruknya

Tips mengatasi rasa gatal pada bekas caesar adalah dengan menghindari menggaruk bagian yang luka. Luka bekas jahitan operasi caesar bila digaruk bisa beresiko terinfeksi. Jika hal ini terjadi bisa menimbulkan resiko yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Memang setelah melahirkan akan timbul bekas memar dan gatal serta nyeri pasca proses melahirkan. Namun jangan sampai Anda menggaruknya, rasa gatal pada caesar ini yang paling dahsyat setelah mencabut jahitannya.

Konsultasi dengan dokter

Tips mengatasi rasa gatal pada caesar adalah dengan konsultasi ke dokter. Bila rasa gatal yang dialami terlalu dahsyat dan hingga terjadi infeksi sebaiknya segera periksakan ke dokter. Disamping itu, bila Anda mengatasi rasa gatal pada bekas operasi caesar jangan menggunakan krim sembarangan, sebaiknya gunakan krim yang hanya dianjurkan oleh dokter. Karena jika menggunakan krim sembarangan pada bekas caesar bisa beresiko infeksi.

Bersihkan dengan antiseptik

Tips mengatasi rasa gatal bekas caesar adalah membersihkan organ tubuhnya dengan menggunakan obat antiseptik. Obat ini bisa menjaga kebersihan luka agar tetap steril dari kuman. Dengan begitu luka bisa terhindar dari gejala infeksi yang beresiko fatal. Membersihkannya harus secara teratur dan harus pelan agar tidak mengganggu bekas jahitannya. Jadi saat membersihkan dengan obat antiseptik bekas caesar harus hari-hati dan jangan terlalu buru-buru. Pastikan bahwa Anda sudah membersihkannya semuanya agar terhindar resiko infeksi.

Nah, demikian itu tadi beberapa tips mengatasi gatal pada bekas caesar tubuh setelah melahirkan. Semoga sedikit ulasan informasi yang kami bagikan mengenai cara mengatasi gatal pada bekas caesar kepada Anda bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon