Senin, 13 Maret 2017

Masalah Kehamilan Ibu Hamil yang Sering Dikeluhkan

Info Ibu Hamil - Kehamilan memang menjadi sebuah moment yang sangat besar bagi kehidupan seorang wanita. Selain merasakan kebahagiaan tentu akan ada banyak juga hal yang dialami oleh seorang wanita ketika sedang hamil. Terlebih dengan berbagai gangguan yang terjadi karena kehamilan yang sedang dialaminya.

Gangguan yang menyertai pada ibu hamil sebenarnya wajar saja terjadi. Dan gangguan yang terjadi sebagai masalah kehamilan ibu hamil juga sifatnya dapat diatasi. Jika Anda salah satu ibu hamil yang juga mengalami berbagai masalah kehamilan, berikut ada beberapa masalah kehamilan ibu hamil yang sering dikeluhkan beserta informasi bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Cek yuk bunda!

Masalah Kehamilan Ibu Hamil Yang Sering Dikeluhkan


Masalah Kehamilan Ibu Hamil Yang Sering Dikeluhkan
ilustrasi gambar via pixabay.com

Dibawah ini ada masalah kehamilan ibu hamil yang sering dikeluhkan dan bersifat wajar. Selengkapnya simak ulasan berikut ini ya!

Morning sickness


Mual dan muntah memang pasti akan dialami oleh wanita yang sedang hamil. Bahkan sejak trimester pertama kehamilan masalah yang semacam ini akan sering dirasakan. Hal ini juga sebenarnya disebabkan karena level hormon yang tidak stabil di awal masa kehamilan terjadi. Jangan lupa upayakan untuk Anda hindari makanan berbau dan yang memiliki rasa tajam. Perbanyak asupan cairan, mengonsumsi air putih atau teh hangat yang juga nantinya dapat membantu dalam menenangkan perut sehingga tidak terjadi mual dan muntah. Kunjungi juga dokter Anda jika mengalami morning sickness yang kronis.

Masalah keputihan 


Ketika seorang wanita hamil, tingkat keseimbangan hormonal akan bergolak dan bisa menjadi penyebab leukorrhea atau masalah keputihan. Keputihan yang terjadi juga bisa bersifat wajar atau fisiologis atau tidak wajar atau patologis. Dalam rangka melakukan pencegahan atas masalah kehamilan ibu hamil yang satu ini sangat disarankan agar Anda perhatikan kebersihan dan kelembaban daerah sekitar vagina. Ganti celana dalam sesering mungkin dan gunakan celana dalam yang bersih. Gunakan juga celana dalam yang bahannya katun agar dapat menyerap keringat dengan mudah.

Sembelit atau buang air besar


Masalah yang satu ini merupakan sebuah kelainan sistem pencernaan pada manusia. Ibu hamil juga sering mengalami masalah ini utamanya di trimester ketiga kehamilan. Masalah kehamilan ibu hamil sembelit biasanya terjadi karena pengaruh hormon progesteron yang semakin lama cenderung semakin meningkat pesat. Cara mengatasinya konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, konsumsi air putih secara rutin dan Anda perlu mengupayakan agar duduk dengan posisi yang tepat.

Sering buang air kecil


Seluruh ibu hamil memang punya keinginan untuk buang air kecil. Beser yang terjadi pada ibu hamil sendiri biasanya terjadi di awal kehamilan yang disebabkan karena perbesaran rahim dan kemudian menekan pada kandung kemih dan volume urin yang bisa ditampung juga menjadi semakin sedikit.
Yang Anda perlu tahu bahwa Anda tak boleh menahan kencing karena bisa menjadikan infeksi saluran kencing. Jangan juga mengurangi porsi minum Anda karena sering pipis. Minum air putih dibandingkan dengan minuman kemasan dan konsumsi air putih secukupnya.

Baca juga: masalah kehamilan yang wajib Anda waspadai

Sudah tahu cara mengatasinya yang tepat bukan bunda? Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang masalah kehamilan ibu hamil yang sering dikeluhkan dan cara mengatasinya menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon